maryamah karpov

3 Dec 2008

maryamah.jpg

aku menduga, novel tetralogi terakhir andrea hirata ini akan menjabarkan petualangan cintanya di paris dan inggris. aku keliru. justru dia mengisahkan kebiasaan dan keseharian budaya orang belitong.

kali ini andrea yang piawai bertutur ini mencoba lebih berakrab-akrab dengan pembacanya. dia bercerita seolah kita, para pembaca berada di depannya dengan menyebut kawan.

rupanya andrea sadar, para pembaca ketiga bukunya sudah agak melupakan para tokohnya. pada halaman awal novel yang di launching 28 november ini dia mengajak kita mengingat lintang yang pintar, samson yang berbadan gorila dan bang zaitun yang nyeni.

seperti ketiga novel sebelumnya, maryamah karpov lebih banyak mendiskripsikan apa yang dilakukan ikal sekembalinya belajar dari paris. detailnya yang terlalu berlarat-larat, seolah membolehkan kita untuk melewati halaman-halamannya tanpa takut ketinggalan alur cerita.

sampai pada pertengahan novel (halaman 236) konflik sesungguhnya baru muncul. andrea yang dalam novel namanya berubah menjadi ikal harus melakukan sesuatu yang diluar nalar: membuat perahu. ia ingin mencari a ling, perempuan berkuku indah yang ia temui di toko kelontong sinar harapan.

tentu saja ide itu di cemooh orang seluruh kampung. namun ikal nekat. dan pada masa sulit ini, datanglah para malaikat yang siap membantunya. mereka adalah teman-teman masa bocahnya di laskar pelangi. cukup mengharukan dan memberikan motivasi untuk tetap semangat.

lalu siapakah maryamah karpov? juga perempuan cantik penggesek biola yang terpampang dalam cover? aku kira semua penasaran. tampak pada acara launchingnya yang didatangi banyak orang. antrean pembeli sangat panjang. tiga temanku nitip.

novel-novel andrea disebut-sebut melahirkan genre satra baru: cultural literary non fiction. aku menyebutnya mirip autobiografi saja. karena untuk keperluan sebuah novel, seperti biasa ada pem”bedak”an di sana-sini.

kepada pengkomen pertama, aku persembahkan novel ini. :)

data buku:
judul : mimpi-mimpi lintang, maryamah karpov
penulis: andrea hirata suman
penerbit : bentang pustaka
jumlah halaman : 502
harga : 79.000


TAGS


-

Author

Follow Me