?look me in the eye

28 Jan 2009

lookmeintheeye.jpg

aspergian, sebutan untuk anak-anak yang berkeadaan unik. ada yang menyebut autis ringan. novel jhon elder robinson ini mengisahkan anak yang mempunyai sudut pandang tak lazim ini.

asperger bukan penyakit. mereka yang mengidap syndrome ini hanya mempunyai pemikiran yang berbeda dengan anak biasa. Orang-orang biasa menganggap anak tersebut merespon segala sesuatu dengan tak wajar. sangat berbeda dengan anak seumurnya.

misalnya jhon yang selalu tak mau menatap mata lawan bicaranya ketika berbincang. karena menurutnya itu tak penting. tentu saja hal ini aneh dan anak-anak sebayanya tak mau berteman. jhon sedih dan ia makin menyendiri.

novel ini mengupas perilaku dan pemikiran anak-anak asperger. lewat novel ini aku jadi agak bisa memahami kenapa anak-anak asperger harus diperlakukan secara khusus. perlu kesabaran ekstra berhadapan dengannya.

jhon kecil selalu mengelus-elus kepala anjingnya sebagai ekspresi rasa sayang. namun ia bingung ketika mendapat tamparan dari teman kecilnya ketika ia memperlakuan hal yang sama. pada masa perkembangan menuju dewasa kecenderungan seperti itu tak hilang. apa yang dia anggap lucu bisa jadi merupakan hal yang sangat membahayakan.

keadaan jhon yang berkeadaan unik ini diperparah oleh orang tuanya. ayahnya seorang profesor pemabuk yang suka memukul pantat jhon. ibunya memilih bisexsual setelah diperkosa oleh dokter yang merawat suaminya.

jhon elder robinson penulisnya mengemas cerita ini secara riang, lucu sekaligus getir. silakan membacanya sendiri, cukup memberikan pencerahan.

data buku:
judul : ?look me in the eye
penulis : jhon elder robinson
penerbit: lentera hati
jumlah halaman :329
harga : rp 50.000


TAGS


-

Author

Follow Me