dimas novriandi:work hard, spend harder

12 Jan 2010

dimas-ok

pernahkah kalian membeli tujuh sekaligus tshirt satu ukuran, hanya beda warna? itulah hal paling gokil yang pernah dilakukan dimas. laki-laki ubersexual yang gemar berbelanja itu mengawali ceritanya. “prinsipnya work hard, spend harder. belanja bisa jadi pelampiasan kalau lagi banyak beban pekerjaan” katanya

tiap akhir bulan, datanglah ke rumahnya. karena siklus baju-bajunya hanya mampu bertahan dilemarinya yang tiga pintu selama itu. laki-laki yang mengoleksi tiga gelar akademis ini akan “membuang” dan mengisinya kembali. ia minimal 3 kali ke mal dalam seminggu. pola belanjanya, sebulan belanja tshirt, bulan berikutnya kemeja. saat ini ia menggemari batik, khusus warna coklat.

tidak hanya kemeja dan sepatu, namun juga celana dalam dan buku. dia yang pernah menjadi penyiar ini selalu mencoba merek yang berbeda. di meja kamarnya, tersimpan sekira lima puluh buku yang berbaris rapi masih tersegel. kesibukan harian menyita waktunya yang kadang harus ke luar kota. sebagai external communications executive.

pernah menjadi sales promotion boy namun ia merasa fun juga bekerja di perusahaan rokok sekarang. job desknya membuat agar image perusahaan bisa terjaga dengan baik. “seru juga bertemu dengan wartawan. juga bisa melampiaskan hobi menulis di media kits, semacam press release. yang paling menyenangkan bertemu dengan orang-orang baru”, katanya.

penulis favoritnya dewi dee lestari, fira basuki, ayu utami dan novelis perempuan lainnya. menurutnya, selalu ada kejutan-kejutan dalam pemilihan kata atau diksi serta pola berceritanya yang unik.

keeksisannya di social media tak terbantahkan. akunya di facebook udah over limit sehingga ia harus membuka akun keduanya. jumlah followernya di twitter ratusan. tak heran jika centro memilihnya sebagai salah satu pemenang Centro Shopping Rally voucher dan memperoleh voucher senilai 1 juta.

untuk mengenal lebih banyak, mari kita ikuti perbincangan dengan laki-laki yang mengaku tak pernah pacaran sejak awal kuliah sampai sekarang. bukan apa-apa dia merasa belum siap berbagi batin dengan seseorang. juga mungkin terbawa suasana kantor yang isinya banyak orang-orang single yang hardworker.

kesibukan seheboh apa sih aktivitas keseharianmu?

aktivitas daku sehari-hari bekerja penuh waktu di pt hm sampoerna tbk. memang sih waktunya habis di kantor dan travelling ke beberapa kota. karena pusat kegiatan csr sampoerna saat ini di pasuruan. namun semua dijalanin dengan fun saja. pulang kerja kadang ngabisin waktu dengan temen-temen komunitas blog kopdar jakarta atau sekedar jalan-jalan di mal bareng temen-temen kantor.

bercita-cita jadi pendidik, kenapa kerja di perusahaan rokok?

hmm… the funny thing, daku sebenarnya ndak ngerokok, jadi bekerja di perusahaan rokok ini tantangan. sekaligus membongkar mitos, kerja di perusahaan rokok pegawainya harus merokok. di departemen daku hampir semuanya tak merokok. setiap hari daku selalu menemui tantangan baru dan dapat pembelajaran hebat dari rekan-rekan kerja. everyone is teacher and everyplace is school.

o iya, sebelumnya daku juga sempat bekerja di majalah esquire magazine, majalah lifestyle pria. bekerja jadi wartawan sebenarnya cita-cita sejak smp. waktu smp sampai smu sempat magang jadi wartawan pelajar di harian lokal Jogja. dunia fashion sebenarnya juga my passion, haha… tapi memang akhirnya harus memilih berkarir untuk mencari tempat sandaran hidup di hari tua. :)

bagaimana ceritanya bisa eksis seperti sekarang?

eksis? hihi… daku ndak ngerasa lho :D semuanya berawal dari blog. seorang sahabat, teddie yang kebetulan punya coffee shop yang bernama kedai kopi di Jogja ngenalin daku dengan seleb blog tikabanget. berkat dia akhirnya daku diajarin ngeblog intensif. tika is my hero. sejak november 2007 mulai ngeblog di http:/www.dimasnovriandi.com.

blog daku mulai dikenal sejak posting interview imajiner interview with cinta laura awal Januari 2008. eh gak taunya postingan ini di re-post banyak temen-temen blogger sampai kaskus! akhirnya blog daku pengunjungnya meningkat.

berkat tikabanget juga daku tahu ada posisi kosong untuk jadi associate pr yang menggagas pesta blogger sejak 2007. lucky me, bersama Ong dan Hanny daku bisa terlibat di dalamnya. bonusnya bisa kenalan langsung dengan enda nasution, wicaksono, simbok venus, iman brotoseno, dan blogger ternama lainnya. Seneng banget! lebih seneng daripada abis di wisuda, haha…

efeknya di facebook pun banyak bertemu dengan temen-temen blogger lainnya dan pembaca blog. begitu pun juga di twitter. jadi kesannya eksis padahal ya masih banyak yang lebih eksis daripada daku.

##

selama perbincangan, laki-laki yang dulu sempat ingin masuk ke pondok pesantren gontor itu selalu memilih kata “daku” setiap menyebut dirinya. kebiasaan itu sering dipakai sejak smu dengan temenn sepermainan. masa bocahnya ia habiskan dengan terus berpindah dari satu kota ke kota lain. dari prabumilih tanah kelahirannya ke rantau, pangkalan brandan, cepu, pulau bunyu kaltim dan jogja.]

setahun pertama di jakarta, ia selalu ingin pulang ke jogja yang suasananya sangat kontras. menurutnya, hidup di jakarta tantangannya besar. mental harus kuat. “kalau menangis mah di dalam hati aja. terutama ketika mengenang almarhumah ibundanya.

##

apa makna social media menurut dimas?

social media tak bisa dipisahkan dengan kehidupan keseharian. waktu daku datang pertama kali di Jakarta daku gak kenal siapa-siapa. tanpa diduga temen-temen blogger di Jakarta menyambut dengan tangan terbuka untuk ngumpul bareng, jalan-jalan, and I think I found my new family here

sejak itu munculah ide untuk membuat mailing list Kopdar Jakarta. penggagasnya selain daku, imam, chika, chic, goenrock, dan aditya sani. setahun lebih milis ini semakin ramai. anggotanya hampir 200 orang yang aktif berkomunikasi lintas daerah. frekuensi kopdar pun semakin sering. lingkaran persahabatan pun semakin meluas.

melalui social media bener-bener membuka sejuta networking dan peluang! mulai dari dapat tawaran kerja, di undang launching product, dapet kerjaan sampingan, sampai ditawarin nulis buku oleh beberapa penerbit pun pernah mampir. bayangin aja kalo daku ndak ngeblog, pasti semua kesempatan itu ndak pernah datang dengan sendirinya.

tips komunikasi efektif di social media?

satu kuncinya, up date. jadi kalo di blog tentu saja update postingan, di twitter dan fb update status. tapi kalo memang pengen eksis di dunia maya, jangan segan-segan untuk sering menyapa temen baru, maen-maen ke blog tetangga, dan satu lagi, kopdar! mau gak mau kodpar jadi ajang bercengkrama yang nyata dan akan lebih mendekatkan diri secara personal.

##

obsesi terbesarnya saat ini menulis novel lagi. selain membuat fashion blog dan kuliah lagi S2 jurusan Komunikasi. namun dimas yang fasih berbahasa mandarin ini telah menyelesaikan satu novel (elektronik) yang ia bagikan gratis di blognya. kelak ia ingin punya bisnis sendiri, sehingga bisa melampiaskan kesenangannya menulis, mendengarkan musik, membaca buku sambil menikmati segelas milkshake vanilla.


TAGS dimas novriandi


-

Author

Follow Me