aria rajasa: bisnis tanpa melibatkan komunitas akan mati

5 Jul 2010

aria

di era social media ini kata komunitas bak mantera. karena kekuatan teknologi yang begitu pesat perkembangannya ini memungkinkan informasi menyebar sangat cepat. sebuah brand yang mempunyai komunitas loyal bisa dengan efisien mempromosikan produknya. andai memang produk itu menarik, dengan suka rela sorang member komunitas akan meneruskan kabar itu ke temannya, temannya teman dan seterusnya.

selain itu, sebuah brand juga bisa melibatkan komunitas dalam menentukan produk terbarunya. seperti yang dilakukan oleh aria rajasa. salah satu owner gantibaju.com adalah contoh start up yang sukses melibatkan komunitas dalam bisnisnya. sesuai namanya, bisnis gantibaju.com memproduksi tshirt berkualitas.

keberadaan start up lokal ini adalah bentuk keprihatinan aria yang kesulitan mencari produk t-shirt lokal yang “awesome“. apalagi yang dengan bangga membawa-bawa nama indonesia. ia ingin membuat sebuah produk tshirt lokal yang sesuai dengan idenya. bertemulah ia dengan dua rekannya yang mendukung gagasannya tersebut.

dalam strategi bisnisnya ia melibatkan komunitas. desain-desain kaosnya ia serahkan sepenuhnya kepada user. aria yang mengaku suka makan itu menjaring para desainer untuk bergabung menjadi membernya. mereka diberi kesempatan untuk mengirimkan karya-karyanya yang kreatif ke gantibaju.com. lalu sepuluh desain terbaik tiap bulannya akan dicetak di tshirt. penentuan terbaik itu berdasarkan polling yang dilakukan oleh membernya.

para desainer yang terpilih, selain desainnya diabadikan di tshirt, masing-masing juga memperoleh uang tunai. ia memperlakukan membernya tak hanya sebagai konsumen tapi lebih sebagai “teman”. tampaknya ia meyakini apa yang dibilang johan arndt (teolog),” informal conversations is probably the oldest mechanism by which opinions on products and brands are developed, expressed and spread”

cara yang ia pakai itu cukup sukses. saat ini member komunitas ganti baju telah mencapai enam ribuan orang. tak semuanya desainer, siapapun bisa menjadi anggotanya. dan sekitar enam ratus sampai seribuan desain setiap harinya masuk. “jadi desainer kami adalah terbaik dari yang terbaik, katanya yang diakhiri dengan emoticon senyum.

karena desain yang eksklusif tersebut (satu desain maksimal dicetak 200 kaos) respon usernya cukup baik. dalam sebulan rata-rata gantibaju bisa menjual 400-an pieces. kalau ada pameran bisa meningkat tajam.

menurut aria, tantangan terbesar dalam bisnisnya adalah mengedukasi kepada para kaum muda bahwa produk lokal pun ada yang bagus. tidak kalah dengan produk impor yang digilai anak muda sekarang. untuk lebih meningkatkan nasionalisme para anak muda tersebut saat ini gantibaju mengadakan lomba desain baju yang temanya ekspresi nasionalisme.

ia menjelaskan, desain yang mengekspresikan nasionalisme itu bisa saja sangat sederhana. misalnya desain yang mengambil suatu esensi indonesia di dalamnya. bisa saja sesimple tulisan “i love indonesia”. atau mengambil budaya indonesia seperti barong, bisa mengambil ciri kas kota seperti monas, terangnya

program ini mengajak kepada seluruh desainer untuk menunjukkan ide-idenya yang paling kreatif dalam mengekspresikan rasa cintanya kepada negeri indonesia. program ini berlangsung mulai 5 -12 juli.

saat ini gantibaju.com baru mempunyai toko online. namun mulai tanggal 16 juli gantibaju akan melaunch gerai pertamanya di fx lantai 6. jadi para gaban, sebutan fans gantibaju.com bisa datang langsung ke gerai tersebut untuk membelinya.

kecintaan aria pada desain tak muncul begitu saja. sejak masa bocah ia telah menyukai kegiatan yang berhubungan dengan menggambar. beberapa kali ia pernah menjuarai lomba menggambar yang diadakan di sekolah dan pada event-event lainnya.

ia sangat menikmati aktivitasnya saat ini, melakukan sesuatu yang sesuai dengan hobi dalam bisnisnya.


TAGS aria rajasa gantibaju.com


-

Author

Follow Me