17 komunitas ramaikan diultah dblogger ke-2

24 Jan 2011

ultah-dblogger

minggu (23/1) 17 komunitas dari berbagai kota di indonesia hadir meramaikan acara ulang tahun kedua dblogger (sebutan blogger yang ngeblog di blogdetik). selain dari jakarta, mereka datang dari bekasi, banten, depok, bogor, sukabumi, bandung, semarang, jogja, gresik, surabaya, makasar, lampung dan lainnya.

bertempat di gandaria city, sore itu para komunitas sharing kegiatan apa saja yang mereka lakukan. inspiratif! masing-masing komunitas dengan sumber daya(dana) sendiri mengenalkan internet ke masyarakat. bukan saja manfaat dan pentingnya intenetnet, namun juga bahaya yang mengancamnya.

seperti yang dilakukan oleh komunitas blogvaganza bandung. bekerja sama dengan telkom dan axioo, komunitas yang diinisiatori fajar eridianto itu melakukan pelatihan blog dan social media dari sekolah ke sekolah. kegiatan itu nyaris dilakukan tiap hari.

selain mengenalkan internet dan social media kepada para smu di bandung dan sekitarnya, komunitas blogvaganza juga mengenalkan ingternet kepada para polisi juga kepada ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam blogformam

sampai sekarang komunitas blogvaganza telah mengenalkan lebih dari sepuluh ribu orang. dan kegiatan itu akan terus akan dilanjutkan. bahkan kini mereka melebarkan sasarannya ke luar bandung, yakni ke sukabumi dan cianjur. komunitas ini cukup solid. setelah melakukan pelatihan, komunitas blogvaganza menyelenggarakan “reuni” dalam “ngumbar (ngumpul bareng) onliners”.

komunitas lain pun tak kalah heroiknya. komunitas dBlogger suroboyo, selain melakukan pelatihan blog, mereka juga melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. yang terbaru adalah penggalangan dana untuk korban merapi. mereka membelanjakan barang-barang yang diperlukan korban merapi bulan lalu. menurut dilla, koordinatornya, sebelumnya ia juga membantu salah satu warga surabaya yang menderita kanker.

komunitas bunderan hotel indonesia pun kegiatannya sangat inspiratif. komunitas onliner yang suka nongkrong di depan plasa indonesia itu lebih fokus ke kegiatan-kegiatan sosial. beberapa program yang pernah dilakukan antara lain adalah kambing for bangsari. (bangsari adalah nama kota kecil yang ada di cilacap, jawa tengah). program ini membantu para anak madrasah yang nyaris putus sekolah. caranya dengan membantu mereka dua ekor kambing.

program lainnya adalah gerakan seribu buku. menurut bahtiar rifai, presiden bhi, tahun ini adalah program keduanya. gerakan ini ternyata sukses besar, buku yang diterimanya lebih dari 3000. bekerja sama dengan komunitas lain, buku-buku tersebut didistribusikan ke daerah jogja dan semarang. tujuan program ini adalah untuk membantu anak-anak daerah yang tak punya akses baca.

komunitas-komunitas lain pun melakukan hal yang sama misalnya anging mamiri, seruit, bumi dan lainnya. mereka telah melakukan hal yang hebat! sayang sekali pemerintah tidak mendukung kegiatan yang bertujuan mulia ini: mengedukasi masyarakat tentang internet.

acara ulang tahun kedua dblogger ini juga dimeriahkan abdul dan theori coffe band dan juga raditya dika. menurut anjari, chariman nya, acara seperti ini tak akan berhenti di sini. bersama 17 komunitas yang hadir, mereka sepakat, bersama-sama akan melakukan hal yang lebih besar di kemudian hari. kita tunggu saja apa bentuk konkretnya.


TAGS


-

Author

Follow Me