maryam, perempuan yang terusir karena iman

1 Mar 2012

mempermasalahkan keyakinan di era sekarang ini mestinya sudah usang. namun faktanya, isu ini tak pernah basi. di beberapa tempat banyak orang yang berkelahi, saling mengklaim keyakinannya lebih benar dan bahkan ada menghalalkan darah orang yang dianggap keyakinannya sesat.

maryam, novel ketiga okky madasari menceritakan drama pengusiran keluarga maryam yang ahmadi oleh orang-orang tak dikenal. padahal keluarga maryam sangat baik pada tetangganya. orang-orang disekitarnya ikut-ikutan mengusir hanya karena tak ingin dicap sebagai pembela ahmadi.

pengusiran itu membuat keluarga maryam terlunta-lunta di pengungsian. bagaimana rasanya terusir dari kampung sendiri , okky menceritakannya dengan mengesankan :)

memangnya apa yang salah dengan para pemeluk ahmadi? dan siapa dalang dibalik pengusiran orang-orang ahmadi? di novel setebal 275 ini memang tak membahasnya secara detail. okky lebih menyampaikan suka duka maryam yang mengalami konflik batin setelah ingin menikah.

masalah yang cukup klasik dan klise sebenarnya. maryam yang terlahir sebagai orang ahmadi pacaran dengan orang luar. tentu saja keluarga dari dua belah pihak tak setuju dengan komitmen mereka. jika kalian yang mengalami masalah ini, mana yang akan kalian pilih, cinta atau agama?

pilihan yang sulit. tapi kalau aku akan lebih memilih cinta. karena toh keyakinan kan pada dasarnya semuanya baik, semuanya mengajarkan kedamaian. bahkan orang-orang yang tidak beragamapun silakan saja, asal tidak mengganggu orang lain. di novel terbitan gramedia ini, okky tak menghakimi, keyakinan mana yang lebih benar ahmadi atau yang lainnya.

jika kalian menyukai dua novel okku sebelumnya entrok dan 86, kalian akan menikmati membaca novel ini. oh ya di dalam novel ini disisipkan cd album terbangkan mimpi yang berisi 9 lagu. karena itulah mungkin harga novel ini jadi mahal, rp 78.000.

tentang lagunya saya belum bisa mendengarkan, karena laptopku tidak ada pemutar cd-nya. tolong kalau sudah mendengar, kasih tahu sekeren apa lagu-lagunya. terimakasih


TAGS


-

Author

Follow Me