film negeri lima menara: siapa yang bersungguh-sungguh yang akan berhasil

4 Mar 2012

film-film yang mengobarkan semangat optimisme memang selalu menarik, karena penonton seperti memperoleh inspirasi yang bisa memotivasi lebih tinggi untuk mencapai cita-citanya. dan negeri 5 menara pun menegaskan itu dengan kalimat saktinya: man jadda wajada

rupanya film ini ditunggu banyak orang. seperti novelnya yang best seller, tentu disebabkan film ini yang dibahas di mana-mana, seperti di kick andy show misalnya. saya sendiri belum membaca novel ini. karena saya suda apriori, novel-novel yang mengusung perjuangan menuju sukses bagus, tapi paling juga begitu-begitu saja, klise dan klasik.

hari pertama 1 maret ketika mau nonton, tiket film yang terinpisrasi dari novel pertama a fuadi ini sold out. baru pada hari ke empat (malam minggu) dengan datang telat, masih dapat kursi nyempil diantara orang-orang yang sedang pacaran.

namun dugaan saya keliru, film yang mengambil setting di padang, ponorogo dan inggris ini sungguh mempesona. apalagi pada pembukaannya yang menclose up danau maninjau, sungguh indah. lulu tobing david chalik yang memakai bahasa padang juga sangat pas.

film ini menceritakan perjuangan seorang alif fikri (gazza zubizareta - @ga77a) mengejar mimpinya. gazza berakting sangat pas di film yang disutradari oleh affandi a rachman (@apar13) ini. (di sini gazza lebih culun dari aslinya).

alif , seperti kebanyakan sosok anak-anak muda di daerah lain yang pintar bersemangat dan ceria menjalani hari-harinya. setelah lulus sekolah di padang, ia ingin melanjutkan ke jawa. (jawa sampai sekarang rupanya masih punya daya tarik yang hebat buat anak-anak kota lain di indonesia). ia ingin melanjutkan ke itb, namun emaknya menginginkan ia belajar di pondok pesantren di ponorogo.

film ini yang nyaris dua jam ini menarik, tak membosankan. sangat rekomended untuk segala usia. tontonlah meski belum pernah membaca bukunya. (kepopuleran novel negeri 5 menara ini memunculkan sebuah komunitas yang membuat sekolah-sekolah gratis untuk anak-anak yang tak mampu.)


TAGS negeri 5 menara film


-

Author

Follow Me