@prasadja : mendengkur bisa merusak otak

7 May 2012

3dca8f55aab2ba1cbf52d7125765b4db_2570_58478927697_755802697_1420609_3671748_n

selama ini banyak orang menganggap, tidur mendengkur itu tanda pulasnya tidur seseorang. padahal sebaliknya. menurut dr. andreas prasadja, rpsgt efeknya luar biasa bagi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. pada anak, bahkan bisa mengakibatkan gangguan pertumbuhan.

itulah percakapan via bbm saya dengan laki-laki yang seorang sleep physician. secara detail ia menyampaikan fakta-fakta yang sebelumnya tidak pernah terpikir oleh saya. menurut dia saati ini nyaris semua orang banyak yang tidak peduli dengan kesehatan tidurnya. dari pengemudi bajaj, dokter, pekerja kantoran, wakil rakyat sampai presidennya tampak mengantuk.

ia juga ingin mengubah pandangan bahwa mengantuk itu tabu, mengantuk itu tanda orang yang malas. padahal sebenarnya mereka cenderung memiliki pola tidur yang salah atau mengalami kesulitan tidur. bagi para onliner yang bekerja nyaris 24 jam mungkin harus lebih mewaspadai hal ini.

karena kurang tidur tidak bisa diganti dengan suplemen yang beredar di toko-toko obat. tidur itu kebutuhan dasar. sama seperti makan, minum dan oksigen. itu sebabnya kurang tidur disebut sebagai defisiensi tidur.

efeknya, daya tahan tubuh menurun. gampang pilek, demam typhus, radang tenggorokan. jika anda sudah merasa tidur cukup tapi tetap saja mengantuk, mungkin kalian menderita hipersomnia (kantuk berlebihan)

penyebab tersering adalah henti nafas saat tidur (sleep apnea) yang ditandai dengan mendengkur. menurut laki-laki yang menyukai pantomim ini sleep apnea adalah silent killer yang membunuh perlahan penderitanya. masih menurutnya, saat terjaga, penderitanya tak tahu menahu penyakitnya, hanya tiba-tiba dia menderita hipertensi, diabetes, penyakit jantung, stroke, impotensi hingga kematian.

karena bahayanya yang mengerikan itulah laki-laki yang suka membaca tulisan pramudya ananta tur ini berusaha mensosialisasikan pentingnya kesadaran tidur sehat di tiap kesempatan baik melalui webnya, www.andreasprasadja.com atau http://sleepclinicjakarta.tblog.com.

di kesempatan lain, ia juga pernah berbicara di perushaan-perusahaan, ibu-ibu arisan, univ kedokteran@obsat (obrolan langsat), tedx jakarta dan undangan media cetak dan radio. via social media ia membuat akun @idtidursehat. beberapa waktu lalu ia juga telah merilis buku ayo bangun.

untuk menyembuhkan sleep apnea, penderita harus di diagnosa dulu di sleep lab. penderita diperiksa saat tidur di sleep lab. dalam pemeriksaan ia dibantu dokter lain yang memeriksa pasien saat terjaga. lalu dia memeriksa pasien saat tidur.

dari situ saya lihat bagaimana oksigen orang ngorok turun saat tidur dan memberatkan jantungnya. mengerikan! namun yang memprihatinkan oragnya tidak sadar, jelasnya.

sebenarnya sudah banyak sleep lab yang ada di indonesia meski belum standar internasional. ia mendirikan sleep disorder clinic di rs. mitra kemayoran jl. hbr. motik, kemayoran.

yang menyedihkan henti nafas menyebabkan ada bagian otak yang rusak. dari penelitian yang rusak adalah area pengambilan keputusan. nah bagaimana seandainya henti nafas itu dialami oleh para pemimpin? mereka memimpin sidang tertidur, mudah tersinggung dengan kritikan dan sulit mengambil keputusan.

makanya ia senang kalau pasiennya itu wakil rakyat atau pejabat yang setelah sembuh kemampuan memimpinnya menjadi meningkat tajam.

laki-laki yang kelak berencana membuat film ini juga mengagumi william dement: father of sleep medicine dan collin sulivan penemu cpap, alat atasi sleep apnea. ingin berbicang lansung dengannya, follow akuntwitternya @prasadja


TAGS andreas prasaja


-

Author

Follow Me