life of pi, laki-laki yang menemukan tuhan

2 Dec 2012

7462bb08ae8e9a125856004792cdf4a4_life-of-pi-movie-still-2

life of pi sejak terbaca di media bahda novellife of akan di filmkan, saya sudah penasaran. novel yang ditulis yan martel itu pasti akan sangat begitu memukaunya. dan benar saja, film yang judulnya sama dengan judul novelnya itu begitu sempurna.

ada dua alternatif dalam memaknai film life of pi yakni sebagai film petualangan biasa dan sebagai film spirtual yang universal. seorang teman mencandai makna mana yang kalian peroleh, tergantung usianya. :) lembaga sensor film (lsi) mengkategorikan film ini sebagai film remaja.

aku menduga, alasan lsi tidak mengkategorikan film dewasa, karena film ini tak ada adegan ciuman dan telanjang-telanjangnya. padahal di film yang berdurasi nyaris 2 jam ini penuh dengan adegan kekerasan agar bisa survive. heyna yang terpaksa membunuh orang juice, orang utan perempuan. atau sebra yang dicabik-cabik oleh richard parker, harimau dewasa dari bengali.

selain itu sebenarnya film ini membahas topik yang sangat berat, dalam dan serius yakni pencarian jalan menuju ke tuhan. dimulai dengan pi yang beragama hindu namun ia juga ke gereja mengambil air suci dan ke masjid untuk shalat.

ang lee, sutradara film ini sangat sempurna memindahkan cerita dari novel ke layar lebar. petualangan pi dimulai ketika keluarganya mau pindah ke kanada. mereka mengangkut semua isi kebon binatangnya. dari burung-burung, sebra,jerapah, heyna, orang utan dan macan bengali dewasa.

dalam perjalanan di laut, di titik terjauh dari daratan badai menggulung mereka. pi selamat ole sekoci. namun tidak di duga, richard parker juga berhasil menyelamatkan diri dan menuju sekoci yang ditumpangi pi.

petualangan pi dan richard parker selama 227 hari di laut inilah yang digambarkan oleh ang lee dengan begitu memukau. bagaimana pi harus menyiasati, mencari cara agar selamat dari terkaman harimau dewasa yang menghabiskan dua kilo daging segar seharinya?

di dalam kebosanan, kesepian dan nyaris tak ada harapan itu datanglah badai. menghadapi itu pie marah kepada tuhan, kemudian menyerah, pasrah karena tak berdaya. tuhan selalu menjaga kita, bahkan ketika kita telah menganggapnya meninggalkan kita. pie akhirnya terdampar di sebuah pulau hijau. namun rupanya pulau itu mematikan, tuhan memberikan petunjuk dengan penemuan gigi manusia yang tersimpan di sebuah benda mirip buah.

pi akhirnya melanjutkan perjalanannya akhirnya sampai terdampar di pulau dan di temukan oleh nelayan setempat. bagaimana nasib richar parker….?

gambar diambil dari http://www.artistryglass.com/2012/11/life-of-pi.html


TAGS life of pi


-

Author

Follow Me