demi ucok, film komedi yang sebenarnya serius

6 Jan 2013

af38c69b5081043780b88ca821627c2e_du

kematian identik dengan kehilangan dan kesedihan. kebanyakan orang enggan membahasnya meskipun hal itu adalah kepastian. bagi banyak orang membincangkan kematian adalah tabu bahkan ketika dibahas secara serius. namun di film demi ucok yang di garap sammaria simanjuntak ini justru menabrak tabu itu. di film demi ucok ini, kematian disampaikan dengan cara main-main, buat lucu-lucuan.

jadi film demi ucok yang dalam pembuatannya memakai sistem crowd funding yang melibatkan ratusan co-producer ini adalah film yang membahas sesuatu yang gelap dengan cara komedi yang sempurna. namun banyak orang yang gagal menangkap pesan itu. mereka suka dengan demi ucok karena lucu.

dan memang film ini sangat lucu, lewat peran mak goundut penonton disuguhi adegan-adegan lucu sejak awal. film ini menceritakan hubungan anak ibu yang meributkan masalah klasik. apalagi kalau bukan tentang pernilkahan. mak goundut ingin segera anak perempuannya, glo menikah. masalahnya dengan siapa

dari sini plot mengalir. mak goundut berusaha mencarikan cowok batak buat jodoh anak perempuannya. di sini sammaria “bertutur” dengan tidak biasa., tidak hanya dengan gambar-gambar, tapi juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi. namun untuk ilustrasi itu terlalu keseringan sehingga layar bioskop beberapa kali berubah seperti layar buat presentasi.

selain tentang kematian, di film demi ucok juga membahas tentang tuhan. ini terlihat ketika glo dan ibunya di makam ayahnya. ibu dan anak itu curhat dan berdoa kepada Tuhan. mereka berdialog dengan tuhan layaknya seperti teman. dan baru di film demi ucok tuhan di sinilah adegan mengharukan itu terjadi.saya sangat menyukai moment-moment ini.

musik sountrack nidji juga bagus. pada akhir film terdengar, “ketika ku bercinta, hidupku abai, entah apa judulnya


TAGS demi ucok


-

Author

Follow Me