tips sukses mencapai karir puncak

23 Sep 2013

42-50142809

dulu, temanku seperti menjadwalkan tak masuk kerja minimal sekali seminggu. penyebabnya adalah sakit yang dideritanya. bukan sakit berat, hanya (mungkin) daya tahannya lemah. sehingga capek sedikit, kehujanan sedikit atau sebab lain yang sedikit juga dia langsung drop.

bukan bahagia saja yang menular, tidak masuk (absen) juga menular. karena salah satu coworkernya juga tiba-tiba mengalami hal yang serupa. bukan karena sakit, tapi karena (aku duga) iri saja. kondisi seperti ini tentu akan menghambat pekerjaannya. efeknya, pekerjaan selesai lebih lama. berikutnya, mereka dinilai jelek oleh tim hrd.

nah, hal yang paling mendasar untuk sukses mencapai karir adalah sehat/ sebenarnya sakit bisa dicegah. namun temanku itu tidak percaya. siapa sih orang yang mau sakit, bantahnya. dan tanpa bermaksud takabur atau sombon, berceritalah aku kenapa dari dulu sampai sekarang ini, seingatku aku belum pernah masuk ke rumah sakit. paling sakit ringan, flu pernah ke dokter dua kali.

sebagai anak kost, sakit itu bencana. tak ada yang ngurus, dan terlantar sendirian di kamar. maka aku habis-habisan mencegah agar tidak sakit. beberapa kebiasaan yang harus konsisten aku lakukan terus-menerus diantaranya:

1. olahraga pagi, minimal 30 menit. tidak harus setiap hari. bisa seminggu minimal 2 kali dan maksimal 3 kali. pilih saja beberapa olahraga yang bisa dilakukan sendiri: lari, jalan cepat, skipping (apa bahasa indonesianya) atau sekedar menggerak-gerakkan badan di tempat

2. lebih selektif memilih menu makanan. apalagi tidak memasak sendiri. hindari semua makanan kaki lima yang berminyak. karena mereka semua memakai minyak bekas yang dipakai terus-menerus sampai sehitam aspal. cek di pecel lele misalnya. mending makan di warung makan atau restaurant yang harganya masih terjangkau. misalnya di solaria. di sini aku selalu pesan menu bihun kuah ayam, sayurnya banyak, kuahnya bening. no lemak! paling ideal memang masak sendiri, fresh food. perbanyak makan sayur dan buah, tempe , tahu dan ikan.

3. diet apapun macamnya juga bisa mencegah kita tetap fit. imo, semua diet itu mengurangi asupan makanan sehingga lambung bisa istirahat, tidak kecapekan. lebih bagus kalau mau puasa, selain sehat juga dapat pahala.

4. bersenang-senanglah. konon penyakit itu juga bersumber dari pikiran. bersenang-senang tidak harus boros, tapi bisa juga dengan hal-hal yang tidak mengeluarkan uang. contohnya mencoba hal baru: kenalan dengan orang-orang baru, baca pengetahuan baru atau berangkat-pulang kantor lewat rute baru.

5. berpikir positip. ini klise, sudah beratus ribu kali hal ini diungkapkan orang. tapi kalau meyakini, its work loh. konon energy positif yang kita keluarkan akan berbalik ke diri kita sendiri.

silakan ditambahkan kalau ad aide


TAGS sehat


-

Author

Follow Me