agam hanafiah: sepatu adalah pembentuk karakter

13 Nov 2013

agam

salah satu indikator kekerenan penampilan seorang cowok adalah sepatu. perhatikan baik-baik ketika ketemu (terutama) orang-orang baru, pertama kali dia akan melihat ke bawah, melihat sepatu. bagi cowok sepatu itu (mungkin) setara dengan tas bagi perempuan.

selain berfungsi untuk melindungi kaki dari kotoran dan pengaman, fungsi sepatu juga untuk kenyamanan. karena itu memilih sepatu yang pas itu agak tidak mudah. mungkin bahannya cocok namun modelnya tidak sesuai keinginan atau sebaliknya.

beberapa waktu lalu, akhirnya ketemu dengan akun desain sepatu brodo. agam hanafiah, mungkin banyak orang yang belum mengenal sosok ini. kepopuleran namanya dikalahkan oleh sepatu buatannya, brodo.

aku penasaran bagaimana sebenarnya sepatu-sepatu yang dibuatnya begitu bagus desainnya dan enak di pakai. melalui email laki-laki yang menyuaki sepeda ini menjelaskan, pengaruh terbesar ketika membuat desainer sepatu brodo adalah seorang jonathan ive seorang dari apple yang pada dasarnya cukup simple.

agam yang mempunyai masa bocah seindah keluarga cemara ini sampai sekarang hanya membuat desain sepatu buat laki-laki. katanya, ” iya, mencoba fokus saja, kurang tertarik dengan sepatu perempuan, karena mendesain sepatu harus melibatkan emosi pengguna yang mana selera wanita terlalu banyak, kompleks.

laki-laki yang mengidolakan ayahnya sendiri ini mendesain sepatu sejak 2010. semua berawal dari ide di kepala, proposal konsepnya. lalu disketsa, hand drawing, kreasinya yang khas tergantung si-designernya.

makna sepatu baginya adalah salah satu pembentuk karakter. menurutnya keperibadian seseorang bisa dilihat dari alas kaki yang dipakainya. rupanya ia seorang yang begitu nasionalis. ia membuat sepatu dari indonesia untuk indonesia. karena itu desain sepatu-sepatu brodo memang unik dan khas. kekhususan itu salah satunya adalah di sole-nya (telapak kaki) didesain dengan gambar peta indonesia dan batik parang.

sehingga pengguna brodo ketika jalan-jalan bisa meninggalkan jejak indonesia di negeri orang. dan itu membanggakan, katanya.

semua teknik dan teknologi yang dikembangkan untuk sepatu ini disesuaikan dengan kemampuan produksinya. saati ini brodo sedang berkembang, belum menjadi pionir tapi cukup berkarakter, pasarnya luas, sehingga tidak terlalu peduli dengan design sepatu diluar negeri.

begini ia memberi tips bagaimana memilih sepatu yang pas: “sepatu itu dedesign sesuai kesempatankapan dipakainya dan style orangnya, yang penting ukurannya pas, dipakai dalam situasi dan kondisi yang pas, dirawat dengan baik. bukan karena trend belaka. satu lagi yang terpenting, beli sepatu harus original. hidup cuma sekali, jangan sia-siakan waktumu melangkah pake sepatu sembarangan”


TAGS agam hanafiah brodo


Comment
  • Sepatu Online 2 years ago

    bagus sekali ide nya BRODO. kenapa menggunakan nama brodo yaa

-

Author

Follow Me